KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIBANDING SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 2 KARTASURA

SUBIARTI , SUBIARTI (2010) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIBANDING SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 2 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover_+_BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
All_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode course review horay dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan snowball throwing. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode course review horay lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan snowball throwing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2010/2011 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 42 siswa, sedangkan kelas VIIA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji beda (t test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan  = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi metode pembelajaran course review horay dibanding snowball throwing dengan nilai thitung = 3,242. (2) Siswa yang diberi pembelajaran dengan metode course review horay mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode snowball throwing dengan dan .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi-belajar, snowball-throwing, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:20
Last Modified: 18 Apr 2011 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11600

Actions (login required)

View Item View Item