PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)

DHANIARTI , APRILIA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Selogiri yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan : 1) pemahaman konsep yang dilihat dari : a) kemampuan siswa mendefinisikan konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 23,07% menjadi 92,30% di akhir tindakan, b) mengidentifikasi sifat-sifat konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 19,23% menjadi 84,61% di akhir tindakan ; 2) Kreativitas siswa yang dilihat dari : a) keberanian siswa mengemukakan pendapat atau memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 53,84% di akhir tindakan, b) mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 61,53% di akhir tindakan, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,53% menjadi 53,84% di akhir tindakan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Student Active Learning (SAL) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, konsep, kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:10
Last Modified: 18 Apr 2011 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item