TINJAUAN DIKSI, STRUKTUR MORFOLOGIS, DAN MORFOFONEMIK DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DIDALAM MAJALAH ANEKA YESS

SULISTYANINGRUM , TITIN (2011) TINJAUAN DIKSI, STRUKTUR MORFOLOGIS, DAN MORFOFONEMIK DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DIDALAM MAJALAH ANEKA YESS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)

Abstract

Titin sulistyaningrum,Nim A310060267 Jurusan Pendidikan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2011. Bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat terdiri dari dua bagian yang besar yaitu bentuk dan makna.Salah satu gejala bidang tata bentukan kata dalam bahasa Indonesia yang memiliki peluang permasalahan dan menarik untuk dikaji adalah proses morfofonemik. Permasalahan dalam morfofonemik cukup variatif, pertemuan antara morfem dasar dengan berbagai afiks sering menimbulkan variasi-variasi yang kadang membingungkan para pemakai bahasa. Tujuan penelitian ini dapat memberikan sumbangan tehadap pola penyajian dan pengembangan bahasa terutama bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan interaksi. Penelitian ini menggunakan metode sinkronis, yaitu memaparkan suatu penelitian sesuai dengan apa adanya atau sesuai dengan data yang ada dalam kurun waktu tertentu.Metode deskripsi sinkronis semata-mata hanya berdasarkan fakta yang ada atau fenomena-fenomena yang memang secara empiris hidup pada penutur-penuturnya. Saran Bahasa sebagai alat komunikasi sehari-hari bila tidak digunakan dengan baik dan benar, dapat mengakibatkan bahasa itu punah secara perlahan-lahan. Kita sebagai warga negara seharusnya menggunakan bahasa dengan baik dan benar, secara lisan maupun tertulis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Diksi, Struktur Morfologis Dan Morfofonemik Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Di Dalam Majalah Aneka Yess.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 08:29
Last Modified: 18 Apr 2011 08:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11587

Actions (login required)

View Item View Item