PERBEDAAN TINGKAT KEUNTUNGAN DAN LIKUIDITAS SAHAM PADA SAAT PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 2002 – 2005

Rohmawati , Pifin (2007) PERBEDAAN TINGKAT KEUNTUNGAN DAN LIKUIDITAS SAHAM PADA SAAT PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 2002 – 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
Data.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Kebijakan right issue merupakan upaya emiten untuk menghemat biaya emisi serta untuk menambah jumlah saham yang beredar. Diharapkan penambahan jumlah lembar saham akan meningkatkan frekuensi perdagangan saham tersebut atau meningkatkan likuiditas saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat keuntungan dan likuiditas saham pada saat pengumuman right issue di Bursa Efek Jakarta tahun 2002 - 2005. Penelitian dilaksanakan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan mengambil sampel 27 perusahaan yang melakukan right issue pada periode tahun 2002-2005. Teknik pengambiIan sampel menggunakan purposive sampling yaitu perusahaan yang dipilih telah melalui beberapa tahapan kriteria. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD), Harian Ekonomi Bisnis Indonesia, dan Jakarta Stock Exchange (JSX). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji beda mean untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan ringkat keuntungan saham (return) pada tanggal pengumuman dan di seputar tanggal pengumuman right issue. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai Zhitung(0,673) ditolak pada tingkat signifikansi 5%; (2) Terdapat perbedaan tingkat keuntungan saham (return) pada lima hari sebelum dan lima hari sesudah pengumuman right issue. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai Zhitung (2,186) diterima pada tingkat signifikansi 5%; (3) Tidak terdapat perbedaan tingkat keuntungan saham (abnormal return) pada tanggal pengumuman dan di seputar tanggal pengumuman right issue. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai Zhitung(0,745) ditolak pada tingkat signifikansi 5%; (4) Terdapat perbedaan tingkat keuntungan saham (abnormal return) pada lima hari sebelum dan lima hari sesudah pengumuman right issue. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai Zhitung (2,354) diterima pada tingkat signifikansi 5%; (5) Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat likuiditas saham (TVA) pada tanggal pengumuman dan di seputar tanggal pengumuman right issue. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai Zhitung (1,714) ditolak pada tingkat signifikansi 5%; (6) Terdapat perbedaan tingkat likuiditas saham (TVA) pada lima hari sebelum dan lima hari sesudah pengumuman right issue. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai Zhitung (2,586) diterima pada tingkat signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: right issue, likuiditas, tingkat keuntungan saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 04:04
Last Modified: 18 Apr 2011 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11568

Actions (login required)

View Item View Item