FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ

Palupi, Octaviyanti Retno (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab.2.3.4.5)
Bab.2.3.4.5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF (HAl.depan)
Hal_Depan.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (204kB)

Abstract

Karakteristik dalam penyampaian laporan keuangan adalah tepat waktu (timeliness), yaitu saat-saat yang ditentukan untuk menyampaikan laporan keuangan kepada kalangan pengambil keputusan. Ketepatan waktu pelaporan sangat diperlukan oleh para pemakai laporan keuangan. Ketepatan waktu ini mengandung arti bahwa informasi yang digunakan oleh investor dan kreditur harus bisa tepat saat pembuatan prediksi dan keputusan. Pelaporan keuangan perusahaan publik di Indonesia diatur oleh UU No. 8 tahun 1995. Pelaporan yang dipersyaratkan wajib diserahkan kepada BEJ dan BAPEPAM dengan batas waktu 120 hari terhitung dari tanggal berakhirnya tahun buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah faktor-faktor seperti ukuran perusahaan (total asset dan total penjualan), profitabilitas (ROA dan ROE) dan DER mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan manufaktur di BEJ. Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ selama 3 periode waktu yakni tahun 2000,2001 dan 2002. Sampel yang digunakan adalah 60 perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Pengujian terhadap data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan metode analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu (parsial) variabel DER, variabel ROA, dan variabel ROE tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan, sedangkan variabel total asset dan total sales berpengaruh terhadap ketepatan waktu laporan keuangan perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketepatan waktu, ukuran perusahaan (total asset dan total sales),profitabilitas (ROA dan ROE) dan DER.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 16 Apr 2011 04:15
Last Modified: 16 Apr 2011 04:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item