PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010

PUTRA, DHIMAS WIDYARTA (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_+_BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Full Text)
SKRIPSI_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010 melalui penerapan metode pembelajaran Mind Maps. Sebelum diberikan tindakan, keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah, mencari bahan materi di internet dan strategi pembelajaran pertanyaan dari peserta didik. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70% dari 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani, pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps siswa yang aktif materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani sebanyak 8 siswa atau 28,5%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode pembelajaran Mind Maps, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 11 siswa atau 39,28% dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa atau 71,4%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Metode Pembelajaran Mind Maps dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-019
Uncontrolled Keywords: Mind Maps, Keaktifan Siswa, Budaya Demokrasi Masyarakat Madani.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2011 07:46
Last Modified: 18 Apr 2011 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item