ANALISIS FUNGSI DAN FAKTOR PENYEBAB PEMAKAIAN PREFIKS MeN- YANG DOMINAN DALAM CERPEN MAJALAH STORY EDISI 14/ TH.II/ 25 AGUSTUS - 24 OKTOBER 2010

PRATIWI , AL DILA BHAKTI (2011) ANALISIS FUNGSI DAN FAKTOR PENYEBAB PEMAKAIAN PREFIKS MeN- YANG DOMINAN DALAM CERPEN MAJALAH STORY EDISI 14/ TH.II/ 25 AGUSTUS - 24 OKTOBER 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Cover_&_BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF
Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi fungsi prefiks meN- yang dominan dalam cerpen majalah Story, dan (2) mendeskripsikan faktor pemakaian prefiks meN- yang paling dominan pada cerpen di majalah Story. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, yaitu dengan menyimak dan membaca cerpen dalam majalah Story, kemudian dilanjutkan dengan teknik catat yaitu pencatatan kata yang mengandung prefiks meN- dalam majalah pada kartu data. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis mengalir. Adapun penyajian hasil analisis menggunakan penyajian informal. Hasil penelitian ini menemukan data sebagai berikut: (a) bentuk kata kerja transitif sebanyak 264 kata, (b) bentuk kata kerja intransitif sebanyak 25 kata. Adapun faktor penyebab pemakaian prefiks meN- yang dominan dalam cerpen di majalah Story adalah: (a) pengetahuan kebahasaan, (b) kurang pengalaman, dan (c) dipengaruhi bahasa Ibu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fungsi prefiks meN-, faktor penyebab pemakaian prefiks meN- yang dominan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2011 04:23
Last Modified: 15 Apr 2011 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11525

Actions (login required)

View Item View Item