PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011

PURBASARI , DWI ANISSA (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._cover_lengkap.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama merupakan salah satu bidang garapan pembelajaran Bahasa Indonesia yang memegang peranan penting. Pemilihan strategi dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangakan oleh guru. Berdasarkan observasi awal dengan guru kelas pembelajaran menulis kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo masih belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata klasikal kurang dari 65. Pemilihan pendekatan kontekstual dengan tipe Probing Prompting sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa yang termasuk keterampilan berbahasa sebagai salah satu kompetensi dasar menulis. Penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu; (1) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual tipe probing prompting dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis surat pribadi?, (2) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual tipe probing prompting dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis surat pribadi? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis surat pribadi siswa setelah diterapkan model pembelajaran kontektual tipe probing prompting. Model pembelajaran probing prompting terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi. Hal ini ditunjukkan pada tahap prasiklus, nilai rata-rata kemampuan menulis siswa adalah 62,875. Setelah dilakukan tindakan siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 72,375. Pada Siklus II, nilai rata-rata kemampuan menulis surat pribadi adalah 80,03. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kemampuan menulis surat pribadi dari prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,155%. Model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan aktivitas siswa dan mengubah sifat negatif yakni banyaknya penyelewengan dari tidak memperhatikan penjelasan guru sampai tidak mau mencatat menjadi positif yang ditunjukan pada perhatian siswa pada pembelajaran dan kemauan siswa untuk mencatat materi dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningktan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Perhatian siswa terhadap penjelasan guru meningkat 47,43%. Aktivitas siswa dapat menjawab pertanyaan guru meningkat 28,31%. Persentase siswa yang aktif mencatat penjelasan guru tentang surat pribadi meningkat 22,97%. Aktivitas siswa dalam menulis tetap 100%. Persentase aktivitas siswa dalam merayakan keberhasilan meningkat 12,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: probing prompting, surat pribadi, pembelajaran kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2011 04:18
Last Modified: 15 Apr 2011 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item View Item