PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010

ARIYANTO, SONI YUDA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match siswa yang aktif dalam materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama sebanyak 11 siswa atau 33,33%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match, siklus I meningkat menjadi 21 siswa atau 63,64% dan siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau 78,79%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-007
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Keaktifan siswa, Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama, Mata pelajaran PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2011 04:24
Last Modified: 18 Apr 2011 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11523

Actions (login required)

View Item View Item