PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN PRAKTISI TERHADAP INDEPENDENSI PENAMPILAN AKUNTAN PUBLIK DAN ADVERTENSI JASA KANTOR AKUNTAN PUBLIK

WULANDARI , ENI (2007) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN PRAKTISI TERHADAP INDEPENDENSI PENAMPILAN AKUNTAN PUBLIK DAN ADVERTENSI JASA KANTOR AKUNTAN PUBLIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat yang berkepentingan dengan laporan keuangan yaitu praktisi akuntan publik dan akuntan pendidik terhadap independensi penampilan akuntan publik yang meliputi faktor-faktor ikatan kepentingan keuangan dengan klien, audit fee, persaingan antar kantor akuntan publik dan advertensi kantor akuntan publik. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 33 orang akuntan pendidik dan 32 orang akuntan publik. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenient sampling. Analisis data yang digunakan adalah Mann Whitney test dan independent samples t-test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan:1) Hasil pengujian independent Sample t-test untuk variabel ikatan keuangan dan hubungan usaha dengan klien menunjukkan bahwa persepsi akuntan pendidik dfan praktisi mempunyai perbedaan yang signifikan. Hal ini dilihat dari nilai probabalitasnya yaitu 0,000 (p<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima 2) hasil pengujian Mann Whitney Test diperoleh nilai probabilitas untuk variabel audit fee sebesar 0,009 nilai probabilitas untuk variabel persaingan antar kantor akuntan publik sebesar 0,009; dan nilai probabilitas untuk variabel advertensi kantor akuntan publik sebesar 0,020 hal ini menunjukkan bahwa persepsi praktisi dan akuntan pendidik mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap ketiga faktor independensi penampilan akuntan publik. Hal ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara dosen akutansi dan praktisi tentang independensi penampilan akuntan publik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntan pendidik dan Praktisi, Independensi, advertensi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2011 03:16
Last Modified: 15 Apr 2011 03:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item View Item