PENGARUH PROFITABILITAS PERUSAHAAN DAN PENDAPAT AUDITOR TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (TAHUN 2000-2004)

Polariawan , Cahya Feri (2007) PENGARUH PROFITABILITAS PERUSAHAAN DAN PENDAPAT AUDITOR TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (TAHUN 2000-2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (352kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_jos_in_cd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_JOS_p_in_cd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_in_cd.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMP1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMP2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Karakteristik dalam penyampaian laporan keuangan adalah tepat waktu (timeliness), yaitu saat-saat yang ditentukan untuk menyampaikan laporan keuangan kepada kalangan pengambil keputusan. Ketepatan waktu pelaporan sangat diperlukan oleh para pemakai laporan keuangan. Ketepatan waktu ini mengandung arti bahwa informasi yang digunakan oleh investor dan kreditur harus bisa tepat saat pembuatan prediksi dan keputusan. Pelaporan keuangan perusahaan publik di Indonesia diatur oleh UU No. 8 tahun 1995. Pelaporan yang dipersyaratkan wajib diserahkan kepada BEJ dan BAPEPAM dengan batas waktu 120 hari terhitung dari tanggal berakhirnya tahun buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah profitabilitas perusahaan dan pendapat audit mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan laporan keuangan perusahaan manufaktur di BEJ. Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ selama lima periode waktu yakni tahun 2000, 2001, 2002, 2003 dan 2004. Sampel yang digunakan adalah 31 perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Pengujian terhadap data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan metode analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu (parsial) variabel ROA berpengaruh terhadap ketepatan waktu, variabel ROE tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan, sedangkan variable pendapat auditor berpengaruh terhadap ketepatan waktu laporan keuangan perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketepatan waktu, profitabilitas (ROA dan ROE) dan pendapat audit
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 06:07
Last Modified: 14 Apr 2011 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11513

Actions (login required)

View Item View Item