PENGARUH STRUKTUR DAN KULTUR ORGANISASIONAL TERHADAP KEEFEKTIFAN ANGGARAN PARTISIPATIF DALAM PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta)

FEMBRIANI, IRMA (2006) PENGARUH STRUKTUR DAN KULTUR ORGANISASIONAL TERHADAP KEEFEKTIFAN ANGGARAN PARTISIPATIF DALAM PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
LAMP1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMP2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)

Abstract

Pengaruh hubungan antara partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, akhir-akhir ini merupakan bidang penelitian yang menarik untuk dikaji. Hasil penelitian dari peneliti-peneliti terdahulu tentang hubungan partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial banyak mengalami pertentangan antara peneliti satu dengan peneliti lain. Salah satu cara untuk menyelesaikan perdebatan-perdebatan itu adalah dengan menggunakan variabel kontijensi.Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, 2) Untuk menguji pengaruh interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan struktur organisasional terhadap kinerja manajerial, dan 3) Untuk menguji pengaruh interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kultur organisasional terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode survei, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh manajer menengah Rumah Sakit Umum Daerah yang ada di wilayah eks. karesidenan Surakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan model analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Simpulan ini didasarkan dari nilai probabilitasnya sebesar 0,899 (ρ>0,05). 2) Interaksi antara partisipasi anggaran dengan struktur organisasional berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Simpulan ini didasarkan dari nilai probabilitasnya sebesar 0,040 (ρ<0,05). 3) Interaksi antara partisipasi anggaran dengan kultur organisasional tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Simpulan ini didasarkan dari nilai probabilitasnya sebesar 0,626 (ρ>0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, struktur organisasional, kultur organisasional, kinerja manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 05:27
Last Modified: 14 Apr 2011 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11502

Actions (login required)

View Item View Item