PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN DENGAN KEPUASAN KERJA AUDITOR (Survey pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta)

SAIFUL, MUHAMMAD (2007) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN DENGAN KEPUASAN KERJA AUDITOR (Survey pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Cover.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
9._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
10._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
11._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
12._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
13._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
15._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
16._LAMPIRAN_OLAH_DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris sejauhmana pengaruh komitmen (komitmen organisasional dan komitmen profesional) terhadap kepuasan kerja auditor dengan menggunakan motivasi sebagai variabel intervening. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sampel yang diambil meliputi 115 auditor yang masuk dalam kriteria pemilihan sampel yaitu auditor dengan pengalaman kerja minimal satu tahun. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada auditor yang bekerja di KAP wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta yang terdaftar dalam Direktori IAI Komparteman Akuntan Publik 2005. Variabel independen dalam penelitian ini adalah komitmen organisasional, komitmen professional dan motivasi sebagai variabel intervening (mediasi). Sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan kerja. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis) dan data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS ver. 10.00. Hasil olah data membuktikan bahwa: (a) komitmen organisasional tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dengan nilai sinifikansi 0,528 (>0,05), (b) komitmen profesional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), (c) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel motivasi terhadap kepuasan kerja (0,033 < 0,055), (d) komitmen organisasional mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai signifikansi 0,00 (<0,05), (e) komitmen profesional berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja (0,042<0,05), (f) tidak terhadapat pengaruh tidak langsung antara komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja, (g) komitmen profesional mempunyai pengaruh secara tidak langsung melalui variabel intervening motivasi terhadap kepuasan kerja. Berdasarkan pada hasil pengolahan data, diketahui bahwa pengaruh langsung variabel komitmen organisasional dan komitmen profesional lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung dengan melalui variabel intervening motivasi, maka pengaruh variabel intervening pada penelitian ini diabaikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komitmen organisasional, komitmen profesional, motivasi, dan kepuasan kerja.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 05:13
Last Modified: 14 Apr 2011 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item View Item