PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Suvei pada Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta)

RETNANINGRUM , UPIK (2007) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Suvei pada Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
LAMP1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
LAMP2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja manajer, dan 2) Untuk menguji pengaruh interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderating terhadap kinerja manajer menengah. Penelitian ini menggunakan metode survey empiris yang dilakukan di rumah sakit umum daerah yang berada di wilayah eks-Karesidenan Surakarta. Sebagai populasi adalah seluruh manajer rumah sakit umum daerah yang ada di wilayah eks-Karesidenan Surakarta sedangkan sampelnya adalah manajer tingkat menengah (kepala bagian atau kepala bidang) yang ada pada rumah sakit umum daerah di wilayah eks-Karesidenan Surakarta dengan purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan model analisis regresi berganda melalui uji F, dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran (PA) terhadap kinerja manajerial dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,989. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja manajerial akan tinggi jika partisipasi penyusunan anggaran juga tinggi, jika partisipasi penyusunan anggaran rendah maka kinerja manajerial juga akan menurun. Interaksi partisipasi penyusunan anggaran dengan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial dengan nilai koefisien regresi sebesar 2,857. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya komitmen organisasi yang tinggi maka partisipasi penyusunan anggaran dapat meningkatkan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, komitmen organisasi, kinerja manajerial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:58
Last Modified: 14 Apr 2011 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item