MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007

KURNIASARI , DIAN (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_muka.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
LAMP2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran CTL pada siswa kelas IX SMP Negri 6 Wonogiri Tahun ajaran 2006/2007 . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negri 6 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 5 kelas yaitu kelas IXA,IXB,IXC,IXD,IXE. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IXD berjumlah 38. Dalam penelitian ini digunakan teknik Porposive Sampling . Pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi untuk mengambil data aktifitas belajar siswa (aspek afektif), dokumemtasi digunakan untuk meng ambil data hasil belajar siswa (aspek kognitif), metode wawancara untuk mengetahui situasi dalam kelas. Analisis data dari penelitian ini adalah menggunakan deskriftif k ualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa lebih dapat mengungkapkan pendapat, berdiskusi, lebih mudah mengingat pelajaran,dan mengkaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Peningkatan h asil belajar(kognitif) siswa sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata -rata hasil belajar 5,44 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 6,29, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,97 siklus III meningkat menjadi 7,34, peningkatan afektif pada siklus I 29 (kurang berhasil),siklus II meningkat 30 (cukup bagus), siklus III meningkat 43(berhasil). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bah wa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IX D SMP Negri 6 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 setela h menggunakan pembelajaran CTL.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: p embelajaran CTL, peningkatan hasil belajar biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:46
Last Modified: 14 Apr 2011 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item