KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI LABA DI MASA YANG AKAN DATANG

Agustine , Astri Paramyta (2007) KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI LABA DI MASA YANG AKAN DATANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (411kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mencerminkan kinerja suatu perusahaan adalah laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan, salah satu faktor yang mencerminkan kinerja suatu perusahaan adalah laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan. Laporan keuangan dibuat oleh manajemen dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya oleh para pemilik perusahaan, untuk memahami informasi tentang laporan keuangan analisis laporan keuangan sangat dibutuhkan. Alat analisis yang paling banyak digunakan adalah analisis rasio, analisis rasio dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan finansial masa lalu, sekarang dan untuk memproyeksikan hasil atau laba yang akan datang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai kemampuan rasio keuangan yang meliputi operating income to sales (OIS), gross profit to sales (GPS), net income to sales (NIS), ROI dan ROE dalam memprediksi laba di masa yang akan datang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakata. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi empiris dengan menggunakan data sekunder. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang tedaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2002-2004. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji kemampuan rasio keuangan dalam memprediksi laba di masa yang akan datang, uji t digunakan untuk mengetahui signifikasi secara parsial variabel independen terhadap variabel dependen, uji F digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara bersama variabel independen terhadap variabel dependen, dan koefisien determinasi untuk menunjukkan seberapa besar variabel independen dapat menjelaskan variabel dependennya. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan variabel GPS dan ROE bernilai positif terhadap perubahan laba, sedangkan variabel OIS, NIS, dan ROI bernilai negatif terhadap perubahan laba. Uji t menunjukkan bahwa untuk variabel NIS mempunyai nilai probabilitas dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,025 (P < 0,05), artinya variabel NIS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan laba. Uji F menunjukkan bahwa dari hasil analisis diperoleh nilai F hitung sebesar 3,898 dengan probabilitas sebesar 0,003 yang berati terbukti bahwa OIS, GPS, NIS, ROI dan ROE secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubahan laba. Uji determinasi menunjukkan hasil adjusted R square sebesar 0,123. hal ini berarti 12,3% variasi perubahan laba dijelaskan oleh variasi perubahan faktor- faktor GPS, OIS, NIS, ROI dan ROE.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Operating income to sales, Gross profit to sales, Net income to sales, Return on investment, Return on equity, dan perubahan laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:27
Last Modified: 14 Apr 2011 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11488

Actions (login required)

View Item View Item