ANALISIS PENGARUH PERSONAL BACKGROUND TERHADAP PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DENGAN KEPAHAMAN GOOD GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survei di Pemerintah Daerah se- eks Karisidenan Surakarta )

Herwanto, Herwanto (2007) ANALISIS PENGARUH PERSONAL BACKGROUND TERHADAP PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DENGAN KEPAHAMAN GOOD GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survei di Pemerintah Daerah se- eks Karisidenan Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh personal background serta interaksinya dengan kepahaman good governance dalam mempengaruhi peran pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah. Populasi pada penelitian ini adalah adalah seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) atau pejabat pengguna anggaran atau barang daerah se-eks Karisidenan Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dari masing- masing pemerintah daerah berjumlah 8 responden dengan menggunakan metode random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan pengumpulan data menggunakan metode survey atau kuisioner. Untuk pengujian hipotesis digunakan model persamaan multiple regression dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peran pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah, sedangkan untuk usia dan bidang pendidikan tidak. Akan tetapi interaksi variable moderasi kepahaman good governance dalam hubungan antara personal background dengan peran pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah. ternyata tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal Background, Good Governance, Pemerintah Daerah, Keuangan Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:19
Last Modified: 14 Apr 2011 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item