ANALISIS INDIKASI EARNINGS MANAGEMENT PADA LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA PERIODE 2000-2005 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEJ)

KURNIAWATI, LILIS (2007) ANALISIS INDIKASI EARNINGS MANAGEMENT PADA LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA PERIODE 2000-2005 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Pentingnya informasi laba harus disadari oleh manajemen sebagai pihak penyusun laporan keuangan serta sebagai pihak yang diukur kinerjanya. Situasi ini memungkinkan manajer untuk melakukan perilaku menyimpang dalam menunjukkan informasi laba tersebut dengan earning management. Earning management adalah campur tangan manjemen dalam proses penyusunan laporan keuangan eksternal dengan tujuan untuk menguntungkan dirinya sendiri. Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan indikasi earnings management pada perusahaan publik di Indonesia. Perbedaan indikasi tersebut antara perusahaan yang mempunyai leverage ratio tinggi dan rendah pada laporan keuangan tahunan. Proksi dari earnings management adalah discretionary accruals (beberapa akrual yang dilakukan karena kebijakan manajemen). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai indikasi earnings management, yang diproksikan dengan discretionary accruals, antara perusahaan yang mempunyai leverage ratio tinggi dan rendah pada laporan keuangan tahunan perusahaan publik di Indonesia periode 2000-2005. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pengujian hipotesis. Populasi dari penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur di Indonesia dengan pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah sampel yang dianalisis sebanyak 23 pasang perusahaan yang diambil secara berpasangan antara perusahaan leverage ratio tinggi dan leverage ratio rendah selama enam tahun berturut-turut. Perhitungan total accrual dirumuskan dari konsep laba Healy (1985) dan Discretionary Accruals dihitung dengan modifikasi estimasi Jones (1991). Analisis data yang dipergunakan adalah independent sample test yang sebelumnya diuji kenormalannya dengan menggunakan one sample kolmogrov smirnove test. Hasil uji Independent samples t-test dapat diketahui bahwa nilai probabilitas (Sign) adalah sebesar 0,55. Oleh karena nilai probabilitasadalah sebesar (0,55) > 0,05, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini (Ho) diterima dan H1 ditolak yang artinya adalah bahwa tidak terdapat perbedaan nilai discretionary accruals yang signifikan pada indikasi earnings management yang terjadi pada perusahaan yang mempunyai leverage ratio tinggi dan perusahaan yang mempunyai leverage ratio rendah pada tahun 2000 sampai tahun 2005.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: earnings management, discretionary accruals, leverage ratio
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:02
Last Modified: 14 Apr 2011 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11485

Actions (login required)

View Item View Item