KEMAMPUAN INFORMASI LABA DAN ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI LABA SATU TAHUN MENDATANG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ)

RETNOWATI , DIAN (2007) KEMAMPUAN INFORMASI LABA DAN ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI LABA SATU TAHUN MENDATANG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Cover.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
2._BAB_II,_&_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
3._Bab_IV_&_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
4._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

Informasi laba dan arus kas merupakan informasi yang dapat diandalkan oleh para pemakai laporan keuangan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan dan berguna untuk mengambil keputusan ekonomi seperti keputusan investasi dan pemberian kredit. Laba dan arus kas merupakan keuntungan investasi modal (Benefit of Equity Investment) dan menjadi informasi yang penting bagi investor untuk mengetahui perkembangannya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan membuktikan kemampuan laba dan arus kas operasi untuk memprediksi laba dimasa yang akan datang, yang dapat membantu pihak internal perusahaan dan eksternal perusahaan dalam mengambil keputusan ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) Tahun 2002 – 2005. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan. Pengambilan sample dengan cara purposive sampling. Model analisis yang digunakan dalam peelitian ini adalah analisis statistik denagan menggunakan analisis regresi berganda. Persamaan regresi menggunakan variable independen suatu periode tertentu pada masa lalu untuk meramalkan nilai variable dependen. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa hasil uji t untuk variable laba tahun sebelumnya (Yt-1) diperoleh nilai t hitung sebesar 13,743 dengan probabilitas sebesar 0,000. Oleh karena probabilitas t < 0,05 maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variable laba tahun sebelumnya mempunyai pengareuh yang signifikan terhadap laba masa depan. Hasil uji t untuk variable arus kas diperoleh nilai t hitung sebesar 3,916 dengan probabilitas sebesar 0,000. Oleh karena probabilitas t < 0,05 maka Ho ditolak pada taraf sigbifikansi 0,05. Artinya bahwa variable arus kas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap laba masa depan. Hasil uji F menunjukkan laba dan arus kas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap laba masa depan. Hasil ini dibuktikan oleh nilai probabilitas F sebesar 0,000 (P< 0,05). Hasil perhitungan untuk nilai adjusted R2 dengan bantuan program SPSS, dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 0,853. Hal ini berarti 85.3% variasi laba masa depan dijelaskan oleh variasi perubahan factor-faktor laba tahun sebelumnya dan arus kas tahun sebelumnya. Sementara sisanya sebesar 14,7% diterangkan oleh factor lain yang tidak ikut terobsrevasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laba, Arus Kas, Laba Masa Depan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 03:52
Last Modified: 14 Apr 2011 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item View Item