PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN ( Studi empiris pada perusahaan Go Public yang terdaftar di BEJ)

KURNIAWAN , MUHAMMAD IQBAL (2007) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN ( Studi empiris pada perusahaan Go Public yang terdaftar di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II )
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja keuangan yang diukur dengan rasio keuangan terhadap perubahan harga saham. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Liquiditas (Current Ratio), Profitabilitas (Return on Equity dan Return on Investment), Leverage (Debt to Equity Ratio), Aktivitas (Total Assets Turnover), Saham (Earnig per Share). Penelitan ini menggunakan survey data sekunder dengan populasi perusahaan manufaktur yang Go Public yang terdaftar di BEJ selama tahun 2002, 2003 dan 2004. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, antara lain dengan kriteria perusahaan yang sahamnya aktif diperdagangkan, menerbitkan laporan keuangan auditee, tidak mengalami delisting, tidak mengalami rugi dan memiliki data yang lengkap selama periode penelitian. Akhirnya terpilih 31 perusahaan yang menjadi sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan linier berganda. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan pengujian asumsi klasik. Hasilnya semua data telah terdistribusi normal dan terbebas dari adanya gejala multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskedastisitas. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa pada uji-F Ho ditolak artinya rasio keuangan secara serentak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga saham dan secara parsial Ho ditolak pada rasio keuangan Debt to Equity Ratio, Total Assets Turn Over, Return on Investment dan Return on Equity artinya rasio keuangan tersebut secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga saham, sedangkan pada variabel independen lainya secara parsial Ho diterima, artinya rasio keuangan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga saham serta kemampuan rasio keuangan secara simultan dalam mempengaruhi perubahan harga saham disekitar tanggal publikasi adalah rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan dan Perubahan Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 03:24
Last Modified: 14 Apr 2011 03:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item View Item