PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

RINI, PRIMASTUTI PONCO (2011) PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI 1 Surakarta yang berjumlah 126 siswa, sampel yang diambil sebanyak 25 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) metode angket (2) metode dokumentasi (3) metode wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 18,045 + 0,411 x1 + 0,374 X2 dan dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan 2,270>2,060 pada taraf signifikansi 5% (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan 2,112>2,060 pada taraf signifikansi 5% (3) terdapat pengaruh yang positif antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh Fhitung>Ftabel dengan perolehan 18,680>3,44. (4) di dapat R Square = 62,90% artinya pengaruh minat baca dan lingkungan belajar sebesar 62,90% sisanya 37,10% dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat-baca, lingkungan belajar, prestasi belajar mata pelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2011 08:17
Last Modified: 13 Apr 2011 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11473

Actions (login required)

View Item View Item