NILAI EDUKATIF KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI: ANALISIS SEMIOTIK DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Nugroho, Kholik Aji (2008) NILAI EDUKATIF KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI: ANALISIS SEMIOTIK DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040031.pdf

Download (294kB)
[img] PDF
A310040031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari; (2) Memaparkan nilai edukatif yang terkandung dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari; (3) Mendeskripsikan implikasi nilai edukatif kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sebagai sebagai materi pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek Penelitian ini adalah nilai edukatif yang terdapat dalam dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari dan implikasinya sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, analisis data dengan pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural, dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur yang membangun cerpen dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari secara fungsional memiliki keterkaitan yang erat. Tema, alur, tokoh, dan latar saling terkait dan memiliki kepaduan dalam mencapai totalitas makna. Kemiskinan menjadi tema utama, tema kemisikinan sangat berkaitan dengan tokoh orang kecil yang sangat dominan. Karyamin seorang pengumpul batu kali, Sulam seorang lelaki gelandangan, Blokeng wanita gelandangan, serta tokoh pengemis. Tema dan tokoh tersebut sesuai dengan latar pedesaan yang sangat dominan. Berdasarkan analisis semiotik kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sarat dengan muatan nilai edukatif. Nilai-nilai edukatif tersebut adalah sikap toleransi, tanggung jawab, cinta dan kasih sayang, kebahagiaan (berdamai dengan keadaan), kesabaran (mampu mengendalikan diri), beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kejujuran. Implikasi nilai edukatif dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA adalah (1) Kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sarat dengan muatan nilai edukatif, sehingga relevan dengan kurikulum 2006 jenjang SMA; (2) Nilainilai edukatif yang terdapat di dalamnya, relevan dengan tujuan pendidikan nasional; (3) Nilai-nilai edukatif dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari dapat berperan dalam pembentukan kepribadian (character building) dalam diri peserta didik; (4) Nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari dapat dijadikan peserta didik untuk memenuhi tugas perkembangannya sebagai remaja, (5) Kumpulan 14 cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari dapat menumbuhkan inspirasi dalam menggali potensi peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai edukatif, kumpulan cerpen Senyum Karyamin, implikasi.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2009 02:37
Last Modified: 31 Jan 2011 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item