PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

HIDAYAH, SITI NUR (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru dikelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu perlu adanya metode yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu salah satunya dengan menggunakan metode group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VII F semester ganjil di SMP negeri 2 Colomadu, Karanganyar yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 20 putri dan 16 putra melalui metode group investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode angket, tes, dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat ditunjukkan dari presentase peningkatan prestasi belajar siswa dari tiap-tiap siklus nya. Presentase hasil belajar pada siklus I yaitu siswa yang mendapatkan nilai > 65 sebesar 77,8%, siklus II siswa yang mendapat nilai > 68 sebesar 83,3%, dan pada siklus ke III siswa yang mendapat nilai > 70 sebesar 91,7%. Hasil ini menunjukan prestasi belajar siswa sudah tercapai berdasarkan parameter peningkatan hasil belajar yang di tetapkan 75% siswa memperoleh nilai > 65 pada siklus I, 80% siswa memperoleh nilai > 68 pada siklus II, dan 85% siswa memdapatkan nilai > 70 pada siklua III. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII F di SMP N 2 Colomadu Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan prestasi belajar, pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2011 06:41
Last Modified: 13 Apr 2011 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item View Item