PENGARUH PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN PENGAKUISISI DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

Prihatin, Ida (2007) PENGARUH PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN PENGAKUISISI DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)

Abstract

Merger dan akuisisi merupakan fenomena bisnis yang populer bagi perusahaan diseluruh dunia. Fenomena tersebut membuat para peneliti tertarik melakukan penelitian, misalnya penelitian mengenai merger dan akuisisi terhadap abnormal return saham. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh penumuman merger dan akuisisi terhadap abnormal return saham perusahaan pengakuisisi. Pengujian atas Average Abnormal Return (AAR) dan Comulative Average Abnormal Return (CAAR) dilakukan untuk mengetahui apakah peristiwa merger dan akuisisi menimbulkan adanya rata-rata abnormal return yang diterima pemegang saham perusahaan pengakuisis disekitar pengumuman merger dan akuisisi. Pengujian kedua dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan yang diterima pemegang saham perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. Teknik pengambilan sampel mengunakan purposive samplig Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-test dan Wilcoxon Sign-Range Test. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa di sekitar pengumuman merger dan akuisisi, averageabnormal return yang positif lebih banyak dari yang negatif, tetapi secara statistik ternyata nilai t selama 61 hari pengamatan tidak ada yang signifikan. Hasil ini ditunjukan oleh semua nilai t terletak antara -1,645 < thitung < 1,645, berarti informasi tentang merger dan akuisisi yang diumumkan oleh perusahaan pengakuisisi tidak mengakibatkan adanya abnormal return saham Hasil ini mengindikasikan bahwa investor atau pelaku pasar tidak memberikan reksi yang berlebihan terhadap saham perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi, karena informasi tenteng merger dan akuisisi tersebut sudah terserap oleh pelaku pasar. Hasil pengujian statistik dengan menggunakan Wilcoxon Sign-Range Test menunjukkan bahwa nilai Zhitung sebesar –1,553;ternyata –1,96 < Zhitung < 1,96, berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata abnormal return antara periode sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi, hal ini berarti pasar memberikan reaksi yang sama, baik sebelum maupun sesudah pengumuman merger dan akuisisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Merger dan Akuisisi, Abnormal Return, Perusahaan Pengakuisisi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2011 06:06
Last Modified: 13 Apr 2011 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11463

Actions (login required)

View Item View Item