KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN SEBAGAI PREDIKTOR LABA DAN ARUS KAS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Go Publik Di BEJ)

DEWI , ROSMALA (2007) KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN SEBAGAI PREDIKTOR LABA DAN ARUS KAS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Go Publik Di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman DEpan)
Hal_Depan.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Informasi tentang posisi keuangan perusahaan, kinerja perusahaan, aliran kas dan informasi lain yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran kas merupakan informasi relevan yang dapat membantu para pemakai (investor) dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rasio-rasio keuangan yang didasarkan pada data laporan keuangan mempunyai kemampuan sebagai prediktor laba dan arus kas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris yang menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Jakarta pada periode tahun 2000-2003. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan Go Publik yang terdaftar di BEJ. Sampel yang digunakan adalah 34 perusahaan yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Rasio keuangan diukur dengan menggunakan : 1) rasio dari neraca dan laporan laba rugi (Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TAT), Deb Equity Ratio (DER), Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE); 2) rasio arus kas (Cash Flow from operating to Stocholder’s Equity (CFSE), Cash Flow from operating to Sales (CFS), Cash Flow from operating to Total Activa (CFTA), Cash Flow from operations to Current Lialibilities (CFCL). Teknik analisa data menggunakan analisis regresi ganda, uji-f, uji-t, dan pengujian koefisien determinasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) rasio keuangan bermanfaat atau dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan laba masa depan dan H1 diterima. Hasil analisis Nilai thitung untuk Current Ratio (CR) adalah sebesar- 2,737 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), Nilai thitung untuk Net Profit Margin (NPM) adalah sebesar 2,024 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), dan Nilai thitung untuk Return On Investment (ROI) adalah sebesar 2,653 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Rasio keuangan merupakan informasi yang dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan laba masa depan. 2) Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rasio keuangan bermanfaat atau dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan arus kas masa depan dan H2 diterima. Hasil analisis Nilai thitung untuk CFSE adalah sebesar 4,355 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), Nilai thitung untuk CFS adalah sebesar 5,720 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05)Rasio keuangan merupakan informasi yang dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan arus kas masa depan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rasio keuangan, laba, arus kas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2011 05:57
Last Modified: 13 Apr 2011 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11460

Actions (login required)

View Item View Item