HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)

YUANITA, TRIA (2011) HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover_&_BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Full Text)
Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara kemampuan awal mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. 2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. 3) hubungan secara bersamaan antara kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FKIP Akuntansi semester VII tahun 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 170 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 114 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi linear ganda dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,503 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,468 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,590 dan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 29,610 > 3,078. 4) Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif 19,4% dan variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 15,4%. Jadi total sumbangan efektif adalah 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya motivasi belajar, minat belajar, dan fasilitas belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan awal, kecerdasan emosional dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2011 05:35
Last Modified: 13 Apr 2011 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item