PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MS OFFICE POWER POINT 2010 ( Penelitian Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Gerih Kabupaten Ngawi, Tahun Ajaran 2010 / 2011 )

WAHYUDI, CERI JOHAN (2011) PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MS OFFICE POWER POINT 2010 ( Penelitian Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Gerih Kabupaten Ngawi, Tahun Ajaran 2010 / 2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_judul.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII A SMP Negeri 1 Gerih kabupaten Ngawi melalui penggunaan pembelajaran berbasis TIK dengan MS Office PowerPoint 2010. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Gerih kabupaten Ngawi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat ditunjukkan dari presentase peningkatan motivasi siswa dari tiap-tiap siklus nya yang dilihat dari beberapa aspek: (1) Hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I persentase pencapaian 78,75%, sedangkan pada siklus II persentase pencapaian 88,30%, aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan 12,12%, (2) Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 74,50 dengan taraf keberhasilan pada katagori B, siklus II memperoleh rata-rata nilai 79,50 dengan taraf keberhasilan pada katagori B+, prestasi belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan 6,71%. kesimpulan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu tersebut juga meningkat secara berarti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran IPS Terpadu, Pembelajaran dengan MS Office PowerPoint 2010
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2011 05:04
Last Modified: 13 Apr 2011 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item View Item