PERBEDAAN EXPECTATION GAP ANTARA AKUNTAN PENDIDIK, MAHASISWA AKUNTANSI DAN PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN DALAM ISU : PERAN AUDITOR, KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI

Atmojo, Nugroho Edi Purno (2007) PERBEDAAN EXPECTATION GAP ANTARA AKUNTAN PENDIDIK, MAHASISWA AKUNTANSI DAN PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN DALAM ISU : PERAN AUDITOR, KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Kebutuhan informasi keuangan mulai dirasakan meningkat. Seiring dengan peningkatan informasi keuangan tersebut, maka peran dari seorang auditor serta tanggung jawab auditor untuk melaksanakan tugasnya dengan tetap menjaga kompetensi dan independensinya sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) sering kali harus mengahadapi berbagai macam tekanan dari pihak manajemen atau dari pemakai laporan keuangan lain yang dapat mempengaruhi opini auditor. Fenomena inilah yang sering disebut expectation gap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi diantara pemakai laporan keuangan, dosen akuntansi, dan mahasiswa akuntansi terhadap expectation gap dalam isu peran auditor, dan kompetensi serta independensi. Metode riset yang dipakai dalam penelitian berupa metode survey yang dilakukan dengan mengamati suatu gejala yang ada dengan menguji hipotesis. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yaitu : melalui survey kuesioner yang telah disebarkan secara langsung kepada responden pemakai laporan keuangan (investor), akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi di Surakarta. Persepsi responden diukur dari jawaban kuesioner yang menggunakan ukuran interval dengan skala likert tujuh poin. Sampel penelitian sebanyak 219 responden. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan pearson product moment dan cronbach alpha. Alat uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis varians (one-way ANOVA). Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi. Untuk isu peran auditor, nilai probabilitasnya (Sig) 0,084, signifikan dibawah 10 % atau 0,10 sehingga H1 diterima. Untuk isu kompetensi nilai probabilitasnya (Sig) 0,000, signifikan dibawah 1 % atau 0,01, sehingga H2 diterima. Kemudian untuk isu independensi, nilai probabilitasnya (Sig) 0,012, signifikan dibawah 5 % atau 0,05 sehingga menerima H3. Dari hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan persepsi (terjadi expectation gap) yang signifikan antara pemakai laporan keuangan, akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi yang telah mengambil mata kuliah audit, dan mahasiswa akuntansi yang belum mengambil mata kuliah audit dalam isu kompetensi dan isu independensi. Tetapi untuk isu peran auditor tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemakai laporan keuangan, akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi yang telah mengambil mata kuliah audit, dan mahasiswa akuntansi yang belum mengambil mata kuliah audit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Expectation Gap, Peran Auditor, Kompetensi, dan Independensi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2011 06:42
Last Modified: 12 Apr 2011 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11437

Actions (login required)

View Item View Item