ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUKARELA DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEJ)

Alfiah , Fardanty Nur (2007) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUKARELA DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisa karakteristik perusahaan yang mempengaruhi pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan. Penelitian tentang pengungkapan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya penting untuk dilakukan. Penelitian tersebut memberikan gambaran tentang sifat perbedaan kelengkapan pengungkapan antar perusahaan dan faktor yang mempengaruhinya, serta memberikan gambaran tentang kondisi perusahaan pada suatu masa pelaporan. Tujuan dari laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan akan dapat dipahami dan tidak menimbulkan salah interpretasi hanya jika laporan keuangan dilengkapi pengungkapan yang memadai. Terdapat empat pertanyaan penelitian yang menjadi dasar dalam perumusan hipotesis. Pertama, apakah perusahaan besar memberikan pengungkapan yang lebih besar. Kedua, akankah perusahaan dengan solvabillitas yang rendah akan memberikan pengungkapan lebih besar. Ketiga, apakah proporsi kepemilikan saham oleh publik mempengaruhi luas pengungkapan sukarela. Keempat, apakah perusahaan berbasis asing memberikan pengungkpan sukarela lebih besar daripada perusahaan berbasis domestik. Luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan diukur dengan item pengungkapan sukarela yang dikembangkan oleh Gunawan (2002). Populasi pada penelitian ini adalah 330 perusahaan yang terdaftar di BEJ tahun 2004. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunujukkan bahwa ukuran perusahaan dan basis perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan sukarela, Laporan tahunan, Ukuran perusahaan, Solvabilitas perusahaan, Proporsi kepemilikan saham oleh publik, Basis perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2011 05:57
Last Modified: 12 Apr 2011 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item