PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survey Pada Perusahaan Tekstil di Dati II Karanganyar)

Adryanto, Arrief (2007) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survey Pada Perusahaan Tekstil di Dati II Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Pelimpahan Wewenang Sebagai Variabel Moderasi” (Survey Pada Perusahaan Tekstil di Dati II Karanganyar) ini bertujuan untuk menguji secara empirik apakah partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial serta menguji secara empirik apakah pelimpahan wewenang yang terdesentralisasi memoderasi atau mempengaruhi hubungan antara penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Sampel penelitian ini adalah 40 responden yang terdiri dari manajer tingkat menengah atau setingkat dengan kepala bagian pada perusahaan industri tekstil di Dati II Karanganyar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa validitas dan reliabilitas semua item valid dan reliabel. Uji normalitas diperoleh bahwa semua data yang diperoleh memenuhi syarat atau dengan kata lain normal karena semua variabel memiliki signifikansi p-value > 0,05, hasil uji heteroskedastisitas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terjadi heteroskedastisitas, karena tingkat signifikansinya p-value < Į (0,05), hasil uji multikolinearitas dapat diketahui bahwa data penelitian yang digunakan tidak terjadi multikolinearitas, karena kedua variabel tersebut mempunyai nilai VIF < 10 dan T > 0 atau T < 1, dan uji regresi linier berganda diperoleh suatu kesimpulan bahwa partisipasi penyusunan anggaran mampu meningkatkan kinerja manajerial, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 (P > 0,05), sedangkan pelimpahan wewenang yang terdesentralisasi memberikan pengaruh terhadap proses partisipasi penyusunan anggaran yang akan meningkatkan kinerja manajerial. Hal ini ditunjukkan dengan interaksi X¹.X², dimana p-value 0,027 < Į (0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kinerja Manajerial, Pelimpahan Wewenang.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2011 05:42
Last Modified: 12 Apr 2011 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item