PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PURWANINGSIH, IIN (2011) PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HAL_DEPAN_.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri I Bendosari Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Bendosari Sukoharjo yang berjumlah 277 siswa. Sampel diambil sebanyak 155 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t) dan uji keberartian regresi linear ganda (uji F), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh adalah Y = 0,647 + 0,395X1 + 0,484X2. 2) Intelegensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,495 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,487 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Intelegensi dan kreativitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 50,135 > 3,056 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel intelegensi memberikan sumbangan efektif 22,5%. Variabel kreativitas memberikan sumbangan efektif 17,2%. Jadi total sumbangan efektif adalah 39,7%, sedangkan sisanya 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel intelegensi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel kreativitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-014
Uncontrolled Keywords: intelegensi, kreativitas dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2011 05:31
Last Modified: 18 Apr 2011 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item