PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)

DEWI, SARI KURNIA (2007) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan dalam mengamati cakupan muatan teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi serta melihat pendapat kedua kelompok terhadap peranan akuntan dalam perancangan system informasi berbasis komputer. Pengujian dilakukan terhadap data yang diperoleh dari kuesioner sebanyak 209 responden yang terdiri dari 37 responden yang berprofesi sebagai akuntan pendidik dan 172 responden yang berasal dari mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Berdasarkan hasil jajak pendapat terhadap cakupan muatan teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan publik, peneliti menemukan bahwakurikulum pendidikan tinggi akuntansi dianggap kurang mampu memberi bekal pengetahuan teknologi informasi untuk terjun kedunia kerja yang berbasis komputer. Sebagian besar responden mengusulkan sebaiknya pengetahuan teknologi informasi diperluas dengan mengintegrasikan kemata kuliah tertentu.Hasil analisis data dengan menggunakan mann whitney u test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa dan persepsi akuntan pendidik terhadap pengetahuan teknologi informasi tentang keyboard, software, hardware, rancang sistem, paket akuntansi,pemograman dan praktik sederhana. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih besar dari nilai probabilitas penelitian 0,05. Sedangkan EDP audit, dan jaringan (network) terdapat perbedaan persepsi mahasiswa fakultas ekonomi akuntansi dan persepsi akuntan pendidik. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih kecil dari nilai probabilitas penelitian 0,05. secara keseluruhan tidak ada perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan, hal ini berdasarkan uji independent sample test dengan nilai probabilita ssebesar 0,389.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pengetahuan teknologi informasi, akuntan pendidik, mahasiswa ekonomi jurusan akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2011 05:29
Last Modified: 12 Apr 2011 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item