EARNING MANAGEMENT DALAM MELAKUKAN PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ) PERIODE 2000-2004

SUSANTI , AMILIA (2007) EARNING MANAGEMENT DALAM MELAKUKAN PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ) PERIODE 2000-2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Dalam kaitan dengan Initial Public Offering (IPO) manajemen berupaya memperbaiki kinerja perusahaan agar penawaran saham dapat direspon positif oleh investor di pasar oleh karena itu pendeteksian terhadap indikasi earning management pada laporan keuangan menjadi perlu untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris adanya earning management (manajemen laba) pada perusahaan go public di Bursa Efek Jakarta. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 perusahaan go public yang melakukan IPO pada tahun 2000-2004. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji beda mean non parametrik Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test) dan menggunakan perhitungan total accruals (TAC) dan discretionary accruals (DAC). Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis yang diajukan dengan menggunakan alat uji statistik non parametrik (Wilcoxon Sign Rank Test) yang dilakukan didapatkan nilai probabilitas sebesar 0,331 (P>0,05). Oleh karena itu nilai probabilitas dalam penelitian ini bernilai lebih dari 0,05 maka hipotesis yang diajukan (H0) dalam penelitian ini diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak, yang artinya adalah bahwa tidak terdapat perbedaan nilai discretionary accruals yang signifikan berarti tidak terdapat earning management pada perusahaan go public yang melakukan IPO.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: earning management, initial public offering (IPO
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2011 04:59
Last Modified: 12 Apr 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item