Analisis Pengaruh Faktor-faktor Marketing Mix Terhadap Keputusan Membeli di Perusahaan Konveksi Trisa Ngawi

PUSPITANINGRUM, ARIFAH DIAN (2007) Analisis Pengaruh Faktor-faktor Marketing Mix Terhadap Keputusan Membeli di Perusahaan Konveksi Trisa Ngawi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
CoverDepan.PDF

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (7kB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis sekarang ini tampak semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat setiap perusahaan akan selalu berusaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien. Perusahaan konveksi Trisa Ngawi dalam penelitian ini tengah menghadapi suatu permasalahan, yaitu menurunnya jumlah penjualan. Ini disebabkan karena pihak perusahaan belum serius memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan menguji faktor-faktor yang akan mempengaruhi marketing mix, yakni product, price, place, promotion, people, process, dan customer service terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan konveksi Trisa Ngawi. Peneliti mengambil 70 orang konsumen untuk satu bulan terakhir sebagai responden dalam sampel penelitian ini, untuk menguji faktor-faktor marketing mix tersebut di atas, digunakan model regresi linier berganda. Menggunakan uji t, uji F 2 dan koefisien determinasi (R ) untuk mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen. Sedangkan uji asumsi klasik digunakan untuk menguji model yang digunakan agar memenuhi kaidah sebagai parameter penduga yang baik (BLUE) yaitu Best, Linier, Unbiased dan Estimated. Hasil pengujian dan analisis mendapatkan hasil bahwa dari ketujuh faktor yang diteliti yakni product, price, place, promotion, people, process, dan customer service yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah product, price dan promotion. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung untuk product sebesar 2,011, t-hitung untuk price sebesar 5,988 dan t-hitung untuk promotion sebesar 2,327 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk pengaruh ketujuh faktor tersebut secara bersamaan mendapatkan nilai F-hitung sebesar 2,373 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ketujuh faktor tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap 2 2 keputusan pembelian konsumen. Koefisien determinasi R sebesar 0,696, Adj. R sebesar 0,682. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi perubahan variabel dependen dipengaruhi oleh perubahan variabel independen sebesar 68,2% 2 berdasarkan Adj. R . Sedangkan regresi estimasi yang didapatkan dari model regresi linier berganda yaitu: Y = 17,9 + 0,362X + 1,042X + 0,059X + 0,471X – 0,144X + 0,088X – 0,146X 1 2 3 4 5 6 7 Berdasarkan model di atas dapat dilihat bahwa koefisien regresi yang paling besar adalah variabel X (price). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor harga 2 (price) merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: product, price, place, promotion, people, process, customer service, keputusan pembelian konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 09:52
Last Modified: 13 Jan 2012 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item View Item