PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN

FATONAH, SITI (2011) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N I Sambirejo kabupaten Sragen kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupaten Sragen sejumlah 252 siswa. Sampel diambil sebanyak 146 orang siswa dengan teknik random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,488 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,970 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 45,951 > 3,059 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel cara belajar siswa memberikan sumbangan efektif 20,9%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel cara belajar siswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-012
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan sekolah, cara belajar dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2011 10:23
Last Modified: 18 Apr 2011 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11408

Actions (login required)

View Item View Item