PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MENERIMA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

DEWINTARI, RATIH (2011) PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MENERIMA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI_RATIH.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dalam menerima pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh motivasi belajar siswa dalam menerima pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar siswa. 3) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan motivasi siswa dalam menerima pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dengan julmah seluruhnya 212 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,791 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,777 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 23,208 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel persepsi siswa mengenai kompetensi guru memberikan sumbangan efektif 18,2% dan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 26,7%. Jadi total sumbangan efektif adalah 44,9%, sedangkan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa mengenai kompetensi guru, motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2011 08:05
Last Modified: 11 Apr 2011 11:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

View Item View Item