HUBUNGAN TINDAKAN PERATAAN LABA DENGAN REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN INFORMASI LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

PUSPITASARI , RENY (2007) HUBUNGAN TINDAKAN PERATAAN LABA DENGAN REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN INFORMASI LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Cover.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
5._BAB_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (lampiran 1)
7._Daftar_Perubahan_Laba,_Perubahan_Penjualan_&_Perhitungan_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Perataan laba dapat didefinisikan sebagai cara yang digunakan oleh manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yang diinginkan baik secara artifisial (melalui metode akuntansi) maupun secara real (melalui transaksi), Koch (1981). Tujuan dari penelitian adalah untuk meneliti pengaruh tindakan perataan laba terhadap reaksi pasar atas pengumuman laba pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sampel yang digunakan adalah 28 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta sejak 31 Desember 2002 sampai dengan 31 Desember 2004. Sebanyak 19 perusahaan terindikasi sebagai perusahaan perata laba dan sembilan perusahaan terindikasi sebagai perusahaan bukan perata laba. pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Tindakan perataan laba diindikasikan dengan indek eckel yang lebih dari satu. Reaksi pasar diukur dengan abnormal return selama lima hari sebelum dan sesudah pengumuman laba perusahaan dengan menggunakan metode pasar yang disesuaikan. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa: (1) terdapat praktik perataan laba pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta; (2) laba memiliki kandungan informasi yang berguna bagi pasar; (3) reaksi pasar setelah tanggal pengumuman laba perusahaan tidak signifikan baik pada perusahaan perata laba maupun pada perusahaan bukan perata laba yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas sebesar 0,858 (> 0,05); (4) menerima hipotesis nol dan menolak hipotesis alternatif, yaitu bahwa rata-rata abnormal return perusahaan perata laba tidak berbeda dengan rata-rata abnormal return perusahaan bukan perata laba pada sekitar tanggal pengumuman laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perataan laba, pengumuman laba, abnormal return
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 08:05
Last Modified: 11 Apr 2011 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11389

Actions (login required)

View Item View Item