ANALISIS PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURAKARTA DILIHAT DARI ASPEK KEUANGAN, ASPEK OPERASIONAL DAN ASPEK ADMINISTRASI

KUSUMA, ERWIN BAGUS (2007) ANALISIS PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURAKARTA DILIHAT DARI ASPEK KEUANGAN, ASPEK OPERASIONAL DAN ASPEK ADMINISTRASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
bAB_2_DAN_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
bAB_4_DAN_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dAPUS.pdf

Download (25kB)

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang sedang di alami Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sehingga peningkatan pelayanan dibidang air bersih kepada masyarakat saat ini terlihat masih kurang, bahkan dari segi persentase jumlah penduduk yang terlayani terlihat semakin menurun, karena pertambahan penduduk tidak sebanding dengan pertambahan cakupan pelayanan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan ini yaitu dengan memperbaiki kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) baik perbaikan dibidang manajemen maupun keuangan. Dilihat dari aspek keuangan yang ditinjau dari nilai kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta tahun 2002 memperoleh nilai 24,75 sedangkan pada tahun 2003 memperoleh nilai 30,75 hal tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,00 sedangkan pada tahun 2004 memperoleh nilai 27,75 hal tersebut mengalami penurunan sebesar 3,00 dan pada tahun 2005 memperoleh nilai 25,50 hal tersebut mengalami penu runan sebesar 2,25. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kinerja dari aspek keuangan belum stabil karena apabila terjadi peningkatan nilai kinerja pada tahun tertentu maka pada tahun berikutnya terjadi penurunan nilai kinerja yang seharusnya dipertahankan ataulebih ditingkatkan. Oleh karena itu perbaikan- perbaikan dalam segala bidang yang menyangkut aspek keuangan perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja keuangan. Dilihat dari aspek operasional yang ditinjau dari nilai kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta tahun 2002 memperoleh nilai 20,43 sedangkan pada tahun 2003 memperoleh nilai 21,28 hal tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,85 sedangkan pada tahun 2004 dan tahun 2005 tetap memperoleh nilai 21,28. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja dari aspek o perasional cukup baik karena nilai kinerja yang dihasilkan dari tahun ke tahun tetap stabil tidak mengalami kenaikan maupun penurunan tetapi ada kenaikan pada tahun 2003 meskipun peningkatannya masih relatif kecil. Dilihat dari aspek administrasi yang ditinjau dari nilai kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta dari tahun 2002 sanpai dengan tahun 2005 memperoleh nilai 9,58. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja dari aspek administrasi cukup baik karena nilai kinerja yang dihasilkan dari tahun ke tahun tetap stabil tidak mengalami kenaikan maupun penurunan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek keuangan, aspek operasional, dan aspek administrasi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 05:54
Last Modified: 09 Apr 2011 10:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11383

Actions (login required)

View Item View Item