PENGARUH LOCUS OF CONTROL, KOMITMEN PROFESI DAN KESADARAN ETIS TERHADAP PERILAKU ETIK AUDITOR DALAM SITUASI KONFLIK AUDIT( SURVAI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA SURAKARTA )

DEWAYANA, RESZIE INDAKA (2006) PENGARUH LOCUS OF CONTROL, KOMITMEN PROFESI DAN KESADARAN ETIS TERHADAP PERILAKU ETIK AUDITOR DALAM SITUASI KONFLIK AUDIT( SURVAI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA SURAKARTA ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
BAB_2_DAN_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV_DAN_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

Locus of control, komitmen profesi dan kesadaran etis merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku etik auditor dalam situasi konflik audit. Seorang auditor harus mempertahankan integritas serta memiliki sikap obyektivitas dan independen dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan obyek penelitian untuk dijadikan populasi adalah para auditor yang bekerja, berdomisili, dan atau memiliki Kantor Akuntan Publik di Kota Surakarta. Analisa data menggunakan uji F, uji t, analisis regresi linear berganda, korelasi bivariat dan koefisien determinasi. Dari hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti maka secara individual (parsial), antara locus of control, komitmen profesi dan kesadaran etis terhadap perilaku etik auditor dalam situasi konflik audit ada hubungan yang substansial. Sedangkan pengaruh secara bersama-sama (simultan) antara locus of control, komitmen profesi dan kesadaran etis menunjukkan adanya derajat asosiasi yang tinggi terhadap perilaku etik auditor dalam situasi konflik audit. Locus of control, komitmen profesi dan kesadaran etis berpengaruh secara negatif (berbanding terbalik) terhadap perilaku etik auditor dalam situasi konflik audit. Artinya bahwa setiap peningkatan locus of control, komitmen profesi dan kesadaran etis ke level yang lebih tinggi, maka akan terjadi penurunan perilaku etik auditor, sehingga auditor akan lebih menerima permintaan klien dalam situasi konflik audit. Sebaliknya apabila terjadi penurunan pada locus of control, komitmen profesi dan kesadaran etis ke level yang lebih rendah, maka akan terjadi peningkatan perilaku etik auditor, sehingga auditor akan lebih menolak permintaan klien dalam situasi konflik audit. Variabel komitmen profesi mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap perilaku etik auditor dalam situasi konflik audit dibandingkan dengan locus of control dan kesadaran etis. Secara individual (parsial) dan bersama-sama (simultan), variabel locus of control, komitmen profesi dan kesadaran etis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku etik auditor dalam situasi konflik audit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Locus of Control, Komitmen Profesi, Kesadaran Etis, Perilaku Etik Auditor Dalam Situasi Konflik Audit.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 05:39
Last Modified: 09 Apr 2011 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11381

Actions (login required)

View Item View Item