MANFAAT INFORMASI RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ)

Budhiyanti, Dewi (2007) MANFAAT INFORMASI RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (457kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Informasi akuntansi yang tersaji dalam laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan perusahaan memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan pada saat tertentu, prestasi operasi dalam suatu rentang waktu, serta informasi lainnya termasuk informasi rasio keuangan yang berkaitan dengan perusahaan yang bersangkutan. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan temuan empiris tentang manfaat informasi rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba terhadap perusahaan manufaktur di BEJ. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ yang diambil secara purposive sampling sebanyak 32 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Simpulan dari penelitian ini adalah, terdapat empat rasio keuangan yang mampu memprediksi perubahan laba yaitu satu rasio dari rasio solvabilitas (Total Liabilities to Total Assets), dua rasio dari rasio profitabilitas (Operating Profit Margin dan Operating Profit to Profit Before Taxes), dan satu rasio dari rasio aktivitas (Inventory turnover), sedangkan kedelapan rasio lainnya (CR, GPM, NPM, ROE, ROI, CGSNS, PATFA, dan TAT) tidak mampu memprediksi perubahan laba. Selain itu dari hasil uji R2 menunjukkan bahwa rasio keuangan mampu memprediksi perubahan laba sebesar 60,1%, sedangkan 39,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel independen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, perubahan laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 03:49
Last Modified: 19 Nov 2019 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item View Item