ANALISIS INDIKASI EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR LABA DAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR RUGI DI INDONESIA (Ditinjau Dari Laporan Keuangan Tahunan Periode 2002 – 2004)

RAHMAWATI , LAELA (2007) ANALISIS INDIKASI EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR LABA DAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR RUGI DI INDONESIA (Ditinjau Dari Laporan Keuangan Tahunan Periode 2002 – 2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
bab_2,3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_&_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Earnings management adalah suatu bentuk intervensi atau campur tangan pihak management untuk menggunakan kewenangan atau kekuasaannya sebagai pengelola langsung dari perusahaan dalam proses penyusunan laporan keuangan perusahaan dengan tujuan untuk memaksimalkan kepentingan pribadinya maupun perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris apakah perusahaan manufaktur yang mendapatkan laba dan perusahaan manufaktur yang menderita kerugian melakukan earnings management dan apakah terdapat perbedaan nilai discretionary accruals pada perusahaan manufaktur yang mendapatkan laba dan perusahaan manufaktur yang menderita kerugian. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ periode 2002 – 2004, dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jumlah sampel yang dianalisis laba menggunakan discretionary accrual (tingkat akrual hasil manajemen laba) yang dihitung dengan model healy. Uji normalitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji one sample kolmogorov smirnov yang menunjukkan bahwa nilai probabilitasnya > 0,05, maka data digolongkan berdistribusi normal, sehingga untuk pengujian selanjutnya terdapat hipotesis yang diajukan digunakan alat uji statistik parametrik yaitu dengan uji t (independent sample t-test). Hasil dari pengujian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diketahui dari F hitung yang terdapat dalam Lerenes test, yaitu sebesra 0,003 dengan probabilitas sebesar 0,956 > 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai probabilitasnya sebesar 0,045 > 0,05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan nilai discretionary accruals yang signifikan pada indikasi earnings management yang terjadi pada perusahaan manufaktur yang mendapatkan laba dan perusahaan manufaktur yang menderita kerugian pada tahun 2002 sampai dengan tahun 2004.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: earnings management, dicretionary accruals, akrual.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 03:32
Last Modified: 09 Apr 2011 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item View Item