PENGARUH PENGALAMAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN KEAHLIAN AUDITOR DALAM PENUGASAN AUDIT (Survey Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Di Wilayah Semarang)

SAPUTRA, SIGIT HENDRA (2006) PENGARUH PENGALAMAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN KEAHLIAN AUDITOR DALAM PENUGASAN AUDIT (Survey Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Di Wilayah Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja yang diperoleh auditor dari lamanya bekerja sebagai seorang auditor, dari tugas-tugas pemeriksaan yang telah dilakukannya dan dari banyaknya jenis perusahaan yang telah diaudit mempunyai pengaruh yang positif terhadap peningkatan keahlian auditor dalam bidang auditing. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di wilayah Semarang. Sampel yang diambil meliputi 45 auditor yang masuk dalam kriteria pemilihan sampel yaitu: (a) auditor yang bekerja di KAP wilayah Semarang, (b) auditor dengan pengalaman kerja minimal satu tahun, (c) auditor yang memiliki tingkat pendidikan minimal S-1. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada auditor yang bekerja di KAP wilayah Semarang yang terdaftar dalam Direktori IAI Komparteman Akuntan Publik 2005. Variabel independen dalam penelitian ini adalah lamanya bekerja, banyaknya tugas dan banyaknya jenis perusahaan yang diaudit. Sedangkan variabel dependennya adalah keahlian auditor dalam bidang auditing. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regrsi linear berganda dan data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS ver. 12.00. Hasil olah data membuktikan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengalaman kerja auditor dari lamanya bekerja, pengalaman kerja auditor dari banyaknya tugas pemeriksaan, dan pengalaman kerja auditor dari banyaknya jenis perusahaan yang telah diaudit terhadap keahlian auditor. Hal ini terbukti dari hasil uji t (uji parsial) yang menunjukkan bahwa nilai thitung pada masing-masing variabel lebih besar dari ttabel pada taraf signifikasi kurang dari 0,05. Dilihat dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap keahlian auditor adalah pengalaman kerja auditor dari lamanya bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lama bekerja, banyak tugas, banyak perusahaan, keahlian auditor.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 03:28
Last Modified: 09 Apr 2011 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11361

Actions (login required)

View Item View Item