PENGARUH TINDAKAN SUPERVISI, KONFLIK PERAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR PEMULA DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Survey di Surakarta dan Yogyakarta)

KRISTIANA , ENY DWI (2007) PENGARUH TINDAKAN SUPERVISI, KONFLIK PERAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR PEMULA DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Survey di Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal._Depan.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Tindakan supervisi dapat menjadi masukan yang baik bagi karyawan tingkat manajer, sehingga mereka dapat memperbaiki kinerja dan akhirnya merasa puas dengan hasil kerja. Dukungan kepemimpinan dan mentoring, kondisi kerja, dan penugasan yang intensif semakin meningkatkan peran tindakan supervisi dalam meningkatkan kepuasan kerja. Dukungan kemampuan menangani konflik dan motivasi semakin meningkatkan nilai kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tindakan supervisi, konflik peran dan motivasi terhadap kepuasan kerja auditor pemula. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah staf karyawan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 42 orang auditor pemula dari 5 KAP yang diambil dengan teknik convenience sampling. Hasil kuesioner diuji validitas dan dan diuji reliabilitas menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan disertai dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek dalam tindakan supervisi (kepemimpinan, kondisi kerja, dan penugasan) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja auditor pemula pada taraf signifikansi 5% dan H1a, H1b, dan H1c diterima. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik peran berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja auditor pemula pada taraf signifikansi 5% dan H2 diterima. Semakin tinggi kemampuan dalam menghadapi konflik peran, maka auditor pemula akan merasa puas. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja auditor pemula pada taraf signifikansi 5% dan H3 diterima. Motivasi berkaitan erat dengan kepuasan kerja, dimana semakin tinggi motivasi, maka auditor pemula akan merasa puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindakan supervisi, konflik peran, motivasi, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 03:19
Last Modified: 09 Apr 2011 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

View Item View Item