PENGARUH INTERAKSI LINGKUNGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Perusahaan Stasiun Radio di Wilayah Eks-Karisidenan Surakarta dan Yogyakarta)

Cahyaningtyas, Dewi (2007) PENGARUH INTERAKSI LINGKUNGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Perusahaan Stasiun Radio di Wilayah Eks-Karisidenan Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha atau sektor bisnis mengalami kemajuan yang pesat tiap tahunnya. Perusahaan dapat menyusun rencana strategis sehingga dapat tetap bertahan dalam bisnis dan menjalankan fungsi dan tujuan perusahaan. Lingkungan sangat berpengaruh bagi eksistensi perusahaan. Perusahaan harus dapat memanfaatkan dan memberikan manfaat atau kontribusi bagi lingkungan. Adanya teknologi informasi dipandang sebagai aspek penting dan strategi untuk memperoleh keunggulan kompetitif sehingga menunjang keberhasilan bisnis, terutama bagi perusahaan yang persaingan produk dan jasa dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris pengaruh interaksi lingkungan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung kinerja manajerial. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei yang menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data pokok. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan radio yang berada di wilayah eks Karisidenan Surakarta dan Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan non probabilitas samping dengan metode purposive sampling. Karyawan yang menjadi sampel adalah mereka yang menjabat sebagai manajer perusahaan media komunikasi radio. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi Product Moment dan Croanbach’s Alpha. Uji proporsi dilakukan untuk memperoleh prosentase jawaban dari responden terhadap kuesioner. Pengujian asumsi klasik menggunakan uji normalitas, heterokedastisitas dan multikolinearitas. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa masing-masing variabel berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kinerja manajerial. Hasil pengujian dengan uji regresi linier berganda mengungkapkan interaksi lingkungan dan pemanfaatan teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil pengujian dengan persamaan regresi parsial dengan uji t menyatakan bahwa ada pengaruh interaksi lingkungan dan pemanfaatan teknologi informasi secara individual terhadap kinerja manajerial. Interaksi lingkungan mempunyai pengaruh yang lebih baik daripada pemanfaatan teknologi informasi, hal ini bisa terlihat dari thitung interaksi lingkungan sebesar 4,151 sedangkan thitung untuk pemanfaatan teknologi informasi sebesar 3,047 pada tingkat signifikan Į = 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Teknologi informasi, dan Kinerja manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:57
Last Modified: 21 Nov 2019 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11354

Actions (login required)

View Item View Item