PENGARUH FAKTOR PERSONALITY TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER (Survey Pada BPR di Kabupaten Sukoharjo)

Lukmawati , Ely Fiani (2007) PENGARUH FAKTOR PERSONALITY TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER (Survey Pada BPR di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh faktor personality terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh faktor personality (computer anxiety, computer attitude, dan math anxiety) terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan BPR di Kabupaten Sukoharjo dengan teknik purposive sampling. Kuesioner yang kembali yang dan dapat diolah sebanyak 37 kuesioner. Instrumen penelitian diuji validitasnya dengan korelasi product moment pearson, sedangkan reliabilitasnya diuji dengan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda. Hasil Uji t menunjukkan bahwa variabel fear, anticipation, dan pessimism berpengaruh secara signifikan terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara serempak variabel personality (fear, anticipation, pessimism, optimism. Intimidation dan math anxiety) berpengaruh terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Hasil uji asumsi klasik normalitas terpenuhi, sedangkan hasil uji asumsi klasik yang lain menunjukkan bahwa untuk seluruh variabel terbebas dari multikolinearitas, heterokedastisitas dan autokorelasi sehinggga model regresi yang dihasilkan baik dan tidak bias. Hasil penelitian ini dapat ditindak lanjuti terutama dalam upaya memberikan masukan untuk meningkatkan keahlian dalam menggunakan komputer pada karyawan BPR. Harapannya adalah agar jangan hanya karena faktor seperti kecemasan dan pesimis dalam menggunakan komputer menyebabkan keahlian dalam menggunakan komputer menjadi tidak optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Personality, Keahlian Menggunakan Komputer.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:48
Last Modified: 08 Apr 2011 10:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11352

Actions (login required)

View Item View Item