PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KULTUR ORGANISASIONAL DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Survei pada Pemkab Karanganyar dan Pemkab Sragen)

KRISTININGSIH , RAHAYU (2007) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KULTUR ORGANISASIONAL DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Survei pada Pemkab Karanganyar dan Pemkab Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A_Cover+Hal_depan.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B_BAB_1.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
C-BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
D_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
E_BAB_Iv+v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
F_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara partisipasi pengajuan penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, pengaruh interaksi partisipasi pengajuan penyusunan anggaran dan kultur organisasi terhadap kinerja manajerial, dan pengaruh interaksi partisipasi pengajuan penyusunan anggaran dan pelimpahan wewenang terhadap kinerja manajerial. Populasi penelitian adalah Pemerintah Kabupaten Sragen dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar pada satuan unit kerja (Satker) yang menjabat sebagai manajer menengah dan Eselon III yaitu Kasubdin, Kabid, dan Kepala Bagian pada kantor Dinas/Satuan Kerja/Unit Kerja di Kabupaten Sragen dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Sampel penelitian sebanyak 35 responden dengan metode judgement sampling. Data penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh metode angket, yaitu data partisipasi pengajuan penyusunan anggaran, kultur organisasi, pelimpahan wewenang, dan kinerja manajerial. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi. Sebelum analisis data dilakukan, didahului pengujian data terhadap penyimpangan asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil pengujian parsial (uji t) partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel yang berarti partisipasi dalam penyusunan anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial; (2) Interaksi partisipasi penyusunan anggaran dengan kultur organisasi terhadap kinerja manajerial menunjukkan nilai thitung lebih kecil dari ttabel yang berarti interaksi partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan kultur organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial; dan (3) Interaksi partisipasi penyusunan anggaran dengan pelimpahan wewenang terhadap kinerja manajerial menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel yang berarti interaksi partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan pelimpahan wewenang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi pengajuan penyusunan anggaran, kultur organisasi, pelimpahan wewenang, dan kinerja manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:44
Last Modified: 08 Apr 2011 10:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item