UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL KERJA KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 1 Bangsalan)

Istiarini, Eka (2008) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL KERJA KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 1 Bangsalan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040065.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
A410040065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan minat belajar matematika melalui pembelajaran remedial kerja kelompok, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Bangsalan yang berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode test, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah untuk melakukan kegiatan perbaikan adalah sebagai berikut: 1) Identifikasi kasus, yaitu menentukan siapasiapa siswa yang mengalami gangguan atau kesulitan belajar. 2) Menentukan gejala kesulitan belajar yang dialami siswa. 3) Menganalisis berbagai faktor yang berkaitan dengan timbulnya kesulitan belajar dan mengetahui mengapa kelemahan-kelemahan itu terjadi. 4) Menyusun rekomendasi penyembuhan yang akan dipergunakan dalam pengajaran remidial. 5) Menentukan bagaimana upaya penyembuhan atau pencegahan terhadap kelemahan atau kesulitan dalam belajar tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan; (1) melalui pembelajaran remedial kerja kelompok dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika yang meliputi (a) perasaan senang siswa sebanyak 19 siswa (76%), (b) perhatian siswa sebanyak 20 siswa (80%), (c) kemauan siswa sebanyak 17 siswa (68%), (d) konsentrasi siswa sebanyak 21 siswa (92%), (e) kesadaran siswa sebanyak 23 siswa (92). (2) Peran aktif siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditujukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 72%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pembelajaran remedial, Kerja kelompok, KPK, FPB.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2009 03:57
Last Modified: 31 Jan 2011 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item