PENGARUH LATAR BELAKANG PERSONAL TERHADAP PERAN DPRD DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (Survei Pada DPRD Kabupaten Karanganyar)

NUGRAHENI , LUSSIANA (2007) PENGARUH LATAR BELAKANG PERSONAL TERHADAP PERAN DPRD DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (Survei Pada DPRD Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Latar belakang personal merupakan konsep yang berdasarkan pada kerangka behaviorisme yang memandang bahwa individulah yang secara aktual melakukan kegiatan pemerintahan, selain itu juga erupakan faktor yang berpengaruh terhadap perilaku seseorang. Hakekat semangat otonomi harus tercermin dalam pengelolaan keuangan daerah mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh latar belakang personal (jenis kelamin, usia, strata pendidikan dan bidang pendidikan) terhadap peran DPRD dalam pengawasan keuangan daerah) Responden dalam penelitian ini adalah anggota DPRD Kabupaten Karanganyar dan sampel yang diambil sebanyak 39 responden. Responden semula berjumlah 39 orang, 7 menjadi outlier dan tidak dipakai sehingga jumlah responden yang dapat diolah menjadi 32. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda yang diperkuat dengan metode stepwise, uji t, uji F dan R Square dengan menggunakan program SPSS. Hasil uji t untuk variabel strata pendidikan dan bidang pendidikan lebih besar daripada ttabel, artinya strata pendidikan dan bidang pendidikan nerpengaruh terhadap peran DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Hasil uji F terhadap variabel peran DPRD dalam pengawasan keuangan daerah adalah 9,717 (9,717 > 3,32) dengan probabilitas sebesar 0,001 (P < 0,05), hal ini berarti variabel strata pendidikan dan bidang pendidikan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peran DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Hasil R Square sebesar 0,401, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa variabel strata pendidikan dan bidang pendidikan berpengaruh terhadap peran DPRD dalam pengawasan keuangan daerah sebesar 40,1% sedangakna sisanya sebesar 59,9% peran pengawasan keuangan daerah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usia, Jenis Kelamin, Strata Pendidikan, Bidang Pendidikan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:35
Last Modified: 08 Apr 2011 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item View Item