PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEANDALAN ANGGARAN (Survey Pada Manajer Rumah Sakit di Boyolali)

KAMILA, KAMILA (2007) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEANDALAN ANGGARAN (Survey Pada Manajer Rumah Sakit di Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab.2.3.4.5)
Bab.2.3.4.5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Hal.depan)
Hal_Depan.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daft.pustaka)
Dapus.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (109kB)

Abstract

Persaingan usaha yang semakin ketat dewasa ini menuntut perusahaan untuk beroperasi seefisien dan seefektif mungkin. Untuk itu pihak manajemen harus mampu melaksanakan fungsinya sebaik mungkin. Dalam melaksanakan fungsinya, manajemen sering kali membutuhkan alat bantu. Salah satu alat bantu yang digunakan adalah anggaran. Anggaran secara umum merupakan suatu perencanaan formal dari seluruh kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang dinyatakan dalam satuan angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, kejelasan sasaran anggaran dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap keandalan anggaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer tingkat menengah (kepala bagian dan kepala bidang) pada rumah sakit di Boyolali. Metode pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden dari lima rumah sakit yang ada di Boyolali. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitasnya menggunakan cronbach’s alpha. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan: (1) Gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keandalan anggaran, hal ini ditunjukkan dengan probabilitas nilai t-hitung sebesar 0,008 (p<0,01) pada taraf signifikan 1%. (2) Kejelasan sasaran anggaran tidak mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keandalan anggaran, hal ini ditunjukkan dengan probabilitas nilai t-hitung sebesar 0,870 (p>0,01) pada taraf signifikan 1%. (3) Partisipasi penyusunan anggaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keandalan anggaran, hal ini ditunjukkan dengan probabilitas nilai t-hitung sebesar 0,002 (p<0,01) pada taraf signifikan 1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, kejelasan sasaran anggaran, partisipasi penyusunan anggaran, keandalan anggaran.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:08
Last Modified: 08 Apr 2011 11:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item