PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPASIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA (Survey pada Rumah Sakit Kabupaten Surakarta)

RATNAWATI , ETA (2007) PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPASIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA (Survey pada Rumah Sakit Kabupaten Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
COVER_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menguji secara empiris apakah penganggaran partisipatif mempunyai berpengaruh terhadap kinerja manajerial, 2) Untuk menguji secara empiris apakah penganggaran partisipatif mempunyai berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu manajer rumah sakit di wilayah Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer menengah yang terdiri daripada kepala bidang dan kepala instalasi sejumlah 37 yang berada di RS. Dr. Oen, RS. Islam Kustati, RS. Islam, RS. Ortopedi, RSU Kasih Ibu, RSU Daerah Dr. Moewardi, RSU PKU Muhammadiyah. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan purposive sampling, di mana kriteria yang digunakan adalah manajer yang sudah pernah ikut secara langsung berpartisipasi dalam penyusunan anggaran. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, uji F, uji t, koefisien determinasi (R2 ) dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penganggaran partisipatif mempunyai pengaruh terhadap kinerja manajerial dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,566 serta nilai nilai Fhitung (7,749). Variabel penganggaran partisipatif mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,349 serta nilai nilai Fhitung (5,347).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penganggaran partisipatif, kinerja manajerial, kepuasan kerja.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 08:31
Last Modified: 08 Apr 2011 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11332

Actions (login required)

View Item View Item